slide show



Minggu, 22 April 2012

Design Interior Minimalis




Dalam artikel sebelumnya sudah sedikit banyak saya bahas mengenai design ekterior minimalis, pada artikel ini pokok bahasan saya yaitu mengenai design interior minimalis.Inti dari design interior minimalis itu sendiri adalah, supaya penghuni rumah dapat menikmati rumah yang sebenarnya kecil atau sederhana namun tampak luas, nyaman, tenang dan santai, sehingga keakraban di dalam rumah akan lebih terasa.
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam konsep design interior minimalis, tidak jauh berbeda dengan design ekteriornya. Karena pada dasarnya bangunan minimalis merupakan bangunan yang mengutamakan fungsional.
Beberapa karakristik design interior minimalis
  1. Sempurna, pas, tidak berlebihan,tanpa profil dan berbentuk geometris yang minimal
  2. Hindari penggunaan sekat ruangan yang bersifat permanen, karena hanya akan menimbulkan kesan sempit.Bila memang sekat sangat dibutuhkan, maka gunakan sekat yang sifatnya temporer atau aksesoris saja, dan berfungsi hanya memisahkan ruangan bukan membatasi.
  3. hindari terlalu banyak memasang lukisan, foto atau ornamen lain pada ruangan, pasang sesuaikan saja dengan fungsinya.
  4. Pilih furniture warna gelap,tanpa profil atau ukiran, coklat gelap dan hitam merupakan warna yang cocok untuk design interior minimalis.
Penataan ruangan dalam design interior minimalis memang harus dilakukan secara cermat
Ada beberapa tips untuk design interior minimalis
  1. Pilah cat ruangan yang berwarna netral
  2. Gunakan aksen warna hanya pada salah satu sisi ruangan saja
  3. Gunakan lampu indirek, douwn ligh, atau lampu shof untuk aksen, dan hindari pemakain lampu meja yang terlalu banyak, sesuaikan pada fungsinya saja.
  4. Gunakan warna-warna solid untuk warna karpet, sofa spring bed dan lain sebagainya, akan lebih terasa nyaman apabila warna perabot disesuaikan dengan warna dinding pada dinding ruangan.
  5. Batasi variasi penggunaan warna dalam satu ruangan  1 atau 2 warna saja sudah cukup.
  6. Secara fungsional design interior minimalis hanya menampilkan hal-hal yang penting dan manfaat, sehingga inti daripada design minimalis adalah nampak jelas praktis, elegan, dan manfaat.
  7. Apabila anda mengunakan unsur besi, teralis jendela ataupun reiling tangga, harus diserasikan bentuk dan karakternya, akan lebih elegan apabila memakai motif bergaris horisontal atau vertikal.

 

Artikel ini Copyrigh dari www.bantenrenovasi.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar