Natural

  • http://1.bp.blogspot.com/-RpQc5OvFen8/UppEuX7nL7I/AAAAAAAAAjc/p2RStyfDXIQ/s200/1450266_1376160462631247_576225970_n.jpg
  • http://1.bp.blogspot.com/-odqTfDhrfcg/UppEAmybzJI/AAAAAAAAAjM/0a7O_xbkjzY/s200/pgr+m+3.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-xdpemo9a9py/uppd1ng3e5i/aaaaaaaaai8/dpwlwrjsmqo/s200/bbbbb.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-4pekwyynuz0/uppd_xnms0i/aaaaaaaaaje/ft-npqsqy2a/s200/pgr+1.jpg

Minggu, 22 April 2012

Instalasi Listrik Rumah yang Aman

Persayaratan teknis intalasi listrik rumah
  • Asumsi, dalam merancang instalasi listrik rumah tinggal diasumsikan bahwa, instalasi listrik tersebut tidak akan diperiksa atau diperbaiki selama rumah tidak di bongkar atau direnovasi, instalasi listrik tersebut dapat berusia hingga 30 tahun. Artinya dalam pemilihan peralatan instalasi listrik harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dalam PUIL ( Peralatan Umum Instalasi Listrik ) khusus untuk rumah tinggal yaitu PUIL 2000
  • Menentukan besar kabel listrik, pengertian kabel listrik sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, intinya tembaga berisolasi PVC terpasang secara permanen di dalam rumah, berukuran minimal 2,5 mm. berapapun arus listrik yang terpasang dan hanya boleh dialiri arus listri maximal 10 A. Jika arus listrik lebih besar dari 10 A tetapi lebih kecil dari 16 A ( berlangganan KWH 3500 VA. 1 Phase ) kabel utama ( feeder ) harus menggunakan ukuran 4 mm. Berdasarkan tabel kuat hantar arus di PUIL 2000 untuk jenis kabel NYA, NYM, dan NYY adalah sebagai berikut; – Luas penampang kabel 2,5 mm = 25 A
- Luas penampang kabel 4 mm = 34
  • Isolasi kabel, jenis kabel ditentukan oleh jenis isolasinya, kabel yang biasa dipakai untuk instalasi perumahan yaitu;
  1. Kabel NYA: berisolasi PVC, berinti tunggal, jenis kabel udara, berwarna merah, kuning, hitam dan biru. Kelebihanya, harga murah.  Kekuranganya, Isolasi cuma lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan terhadap air, jenis kabel udara, isolasi disukai tikus, teknik pesangan harus memakai conduit.
  2. Kabel NYM; berisolasi PVC berinti 2, 3 atau 4 kawat kabel, jenis kabel udara, kelebihan; berisolasi 2 lapis sehingga potensi bocor lebih minimal. Kelemahan; harga lebih mahal, tidak tahan air, isolasi disukai tikus, tidak tahan terhadap impack ( benturan ) untuk keamanan pemasangan memakai conduit.
  3. Kabel NYY; berisolasi 2 lapis berinti 2, 3 atau 4 kawat kabel, jenis kabel tanah. Kelebihan; isolasi 2 lapis liat dan kuat, tahan terhadap impack ( benturan ) tahan terhadap air karena jenis kabel tanah, isolasi tidak disukai tikus, pemasangan tidak harus memakai conduit. Kelemahan; harga paling mahal diantara jenis kabel NYA dan NYM.
  • Grounding, funsi dari grounding atau umum disebut Arde yaitu, sebagai pengaman tegangan sentuh dari kebocoran instalasi. Memperkecil resiko akibat sambaran petir. Adapun spesifikasi pemasangan grounding atau arde, jika sebagai pengaman dari tegangan sentuh tahanan pertanahan maximal 5 ohm. Jika memperkecil dari resiko sambaran petir harus lebih kecil dari 1 ohm ( sama dengan spesifikasi grounding penangkal petir )
Tahanan pertanahan adalah nilai tahanan suatu grounding atau arde yang ditancapkan ke dalam bumi.
  1. Jika di daerah untuk jenis tanah berpori-pori dan gembur, menancapkan pipa atau besi sedalam 1 m sudah bisa didapat tahanan pertanahan 5 ohm dimusim kemarau dan 1 ohm di musim hujan.
  2. Jika di daerah tanah berpasir untuk mendapatkan tahanan pertanahan 5 ohm memerlukan 5 titik grounding dengan masing-masing kedalaman 5 m, dengan jarak masing-masing maximal 10 m.
  3. Petir menyambar instalasi PLN diatas tanah ( mungkin jauh dari lokasi rumah ) dan petir sudah diproteksi oleh Arrester yang terpasang pada instalasi PLN.
  4. Karena tidak seluruhnya petir terserap oleh Arrester, maka ada potensi lidah petir, atau umum disebut anak petir, yang akan mengganggu jala-jala PLN, sehingga dapat mengalir ke instalasi rumah dan mengganggu atau merusak peralatan listrik yang tersambung ke instalasi listrik. Misalnya kalau TV sedang terpasang di stop kontak, TV bisa terbakar, kalau stop kontak sedang terpasang dalam keadaan kosong, maka di lubang stop kontak akan keluar bunga api.( hal ini bisa terjadi apabila sistem pemasangan Grounding atau arde instalasi listrik tidak aman )
  5. Cara paling sederhana membuat grounding atau arde, adalah memanfaatkan besi kolom tiang beton yang ada disetiap rumah. Karena besi disetiap kolom beton pasti menyentuh tanah, sehingga tahanan pertanahan berkisarlebih besar dari 1 ohm dan maximal 5 ohm tergantung kedalaman pondasi dan berapa tiang kolom yang dipakai buat grounding atau arde.
  6. Untuk keamanan kabel netral, jalur PLN  digabung dengan grounding, pada instalasi PLN kabel netral sudah di grounding, tetapi untuk meningkatkan keamanan terhadap tegangan sentuh ( jika ada kebocoran arus dan menyentuh anggota tubuh kabel netralnya kita grounding lagi. Tegangan sentuh aman 50 volt.
  • Panel Hubung Bagi, sesuai standar dari PLN setiap instalasi rumah harus memiliki PHB ( panel hubung bagi ), posisi panel tersebut setelah KWH PLN. Jika rumah sederhana dengan daya 450 VA atau 900 VA biasanya PHB hanya menggunakan 1 fuse atau sikring atau MCB ( Miniatur Circuit Breaker ) jika rumah dengan kebutuhan listrik 2200 VA keatas, biasanya menggunakan PHB lengkap dengan MCB yang masing-masing melayani beban yang berbeda.

  • Penangkal Petir, Daerah sambaran kilat, adalah suatu daerah yang secara geografis banyak awan berkumpul dan berpotensi menimbulkan petir, tahanan pertanahan penagkal petir harus lebih kecil dari 1 ohm, agar energi petir yang sudah diserap oleh penagkal petir langsung tersalurkan ke bumi tanpa hambatan. Jika rumah 2 lantai atau lebih, dan disekitarnya tidak ada bangunan atau pohon yang tingginya melebihi atap rumah, dan daerah tersebut merupakan daerah sambaran kilat, maka diatas atap rumah tersebut wajib dipasang penangkal petir untuk menghindari sambaran petir. secara tehnis kabel grounding harus dijaga dengan benar agar tidak berkarat, dan tidak terlepas dari besi grounding. Karena bila kabel grounding penangkal petir terlepas dari besi groundingnya pada saat petir menyambar rumah bisa meledak terbakar. Penyebabnya yaitu saat energi petir sudah ditarik oleh penangkal petir, tetapi tidak bisa disalurkan ke bumi karena ada hambatan pada kabel grounding, energi petir tersebut dapat menyambar rumah atau benda-benda yang ada di sekitarnya.
            
  • Efisiensi, yaitu kwalitas kabel dan alat pendukung ( steker, stop kontak, fitting lampu dan lain sebagainya ) peralatan instalasi listrik tersebut harus sesuai standar PUIL, sehingga instalasi listrik dapat berumur lebih dari 30 tahun.
  • Ekonomis, yaitu instalasi listrik dibuat secara optimal, yaitu ekonomis tetapi tetap memenuhi persyaratan tehnis. Contoh, apabila intalasi listrik terletak ditempat terbuka, kita bisa menggunakan kabel NYA ( murah ) tetapi tehnik pemasanganya pakai conduit, tujuanya untuk menghilangkan kabel dari pandangan mata, namun jika instalasi listrik berada diatas palafon ( tidak tampak oleh pandangan mata ), kita bisa pakai kabel NYY, tehnis pemasangan tanpa harus memakai conduit, karena harga conduit lebih mahal dibanding dengan kabel NYY. Pembagian jalur kabel juga harus diperhatikan, seperti pembagian beban jangan terlalu banyak, contoh, untuk daya kurang dari 1300 VA cukup satu MCB atau sikring atau disebut juga fuse, dan untuk daya lebih dari 1300 maximal 2200, cukup 2 MCB / sikring / Fuse, artinya 1 MCB untuk jalur lampu, dan 1 lagi untuk jalur stop contak.
  • Peralatan listrik harus dipergunakan sesuai dengan spesifikasi standar pabrik, antara lain komponen instalasi listrik tidak boleh terkena air, jangan meletakan komponen alat listrik dekat dengan sumber panas, jangan mengoprasikan komponen alat listrik melampaui batas, contoh, TV nyala 24 jam non stop, pompa air yang terlau sering star stop.
  • Pastikan tegangan listrik rumah anda stabil, jika tegangan tidak selalu stabil, anda biasa pasang stabilisator tegangan.
Untuk instalasi listrik rumah tangga, sebaikanya pada setiap usia 10 tahun, diperiksa isolasi kabelnya dengan menggunakan alat khusus listrik ( megger ) Bila tahanan isolasi masih kurang dari 5000 ohm, tetapi lebih besar dari 2000 ohm, sebaiknya per 5 tahun harus diperiksa. Jika tahanan isolasi kabel kurang dari 2000 0hm, sebaiknya harus diganti. Apabila instalasi listik baru berumur 1 tahun, namun tahanan isolasi kabelnya kurang dari 240 ohm, hal seperti inipun harus diperhatikan, karena dapat berakibat fatal, kebakaran dan lain sebagainya.
Dan apabila bagi anda yang ingin memasang, atau merenovasi instalasi listrik, khusususnya di seputar wilayah banten dan sekitarnya, kami dengan tenaga ahli ( insalatir handal ), siap untuk membantu, mengerjakan pemasangan instalasi listrik rumah tinggal, kantor dan sebagainya

Artikel dari www. bantenrenovasi. com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar