slide show



Minggu, 22 April 2012

Intstalasi Listrik Rumah




Instalasi Listrik, adalah merupakan bagian yang tidak kalah penting dengan nilai-nilai bangunan yang lainya. Dalam pengerjaan instalasi listrik,  ada beberapa hal yang harus dimengerti dan dipahami sebelumnya. Karena instalasi listrik untuk rumah tinggal, kantor dan sebagainya, tergolong pekerjaan yang vital, dalam arti vital dapat berakibat vatal. Segala sesuatunya ( komponen dan perlengkapanya ) harus betul-betul yang berkwalitas, karena jika salah dalam menempatkan segala komponen instalasi listrik yang akan dipasang, dapat berakibat seperti; setrum bocor, kebakaran dan lain sebagainya.
Disini saya akan membahas tentang instalasi listrik untuk rumah tinggal dan berbagai kelengkapanya dan tehnik pemasangan instalinya.Sebelum menginstalasi listrik hal yang perlu kita perhatikan yaitu kabel, karena untuk instalasi listrik, kabel merupakan salah satu komponen terpenting.Kabel berfungsi menghantarkan arus listrik dari sumber listrik PLN,  ke alat-alat listrik rumah.Baik dan tidaknya tegangan listik, kabel berpengaruh besar, yaitu tergantung baik dan tidaknya kwalitas kabel yang di gunakan.Dalam instalasi listrik rumah, kantor, dan sebagainya pada umumnya ada 3 jenis kabel yang biasa dipergunakan; kabel NYA, NYM, NYY
Istilah NYA, NYM, NYY adalah tata nama atau nomenklator pada kabel PUIL 2000 atau persyaratan umum listrik tahun 2000. Berikut katagori masing-masing kabel sesuai jenis, kelebihan dan kelemahanya.
  • Jenis kabel NYA, merupakan kabel berisolasi PVC dan berinti kawat tunngal ( kabel tunggal ) warna isolasi kabel NYA ada beberapa macam, diantaranya merah, biru, hitam, kuning. Dan yang umum dipergunakan untuk instalasi rumah berukuran 1×1,5mm, 1×2,5mm. Jenis kabel ini tidak untuk ditanam di dalam tanah, karena hanya memiliki satu lapisan isolasi saja. kabel NYA merupakan jenis kabel yang mudah mengelupas apabila terkena gesekan, gencetan matrial lain, ataupun gigitan serangga ( tikus dan serangga lainya ). Tehnik pemasangan kabel NYA sebaiknya dilengkapi konduit, yaitu selubung pelindung untuk kabel, konduit biasanya terbuat dari pipa,  ada yang dari jenis pipa besi dan pipa PVC . Selain untuk melindungi kabel, konduit juga berfungsi untuk mempermudah saat penambahan dan penggantian kabel baru.
Kabel NYA
  • Jenis kabel NYM, jenis kabel ini mempunyai isolasi luar PVC yang khas berwarna putih dengan selubung karet didalamnya. Fungsi dari isolasi tersebut adalah melindungi kawat tembaga yang ada didalamnya, biasanya 2 sampai 4 kabel yang masing-masing mempunyai isolasi PVC dengan warna yang berbeda-beda. Pada dasarnya sama seperti kabel NYA ( kabel tunggal ) dengan warna yang berbeda-beda dan dijadikan satu dengan dibungkus lapisan karet. Untuk instalasi listrik rumah, kantor maupun sekolahan, pada umum nya memakai ukuran 2×1,5mm atau 2×2,5mm dan 3×1,5mm atau 3×2,5mm. Sesuaikan dengan daya listri dari sumber PLN. Kabel jenis NYM ini relatif lebih kuat daripada jenis NYA, pada sistem pemasanga intalasi rumah tidak perlu memakai konduit, kecuali pada bagian instalasi yang ditanam pada tembok. Konduit yang dipergunakan pada kabel NYM hanya bertujuan untuk mempermudah saat penambahan dan pengantian kabel beru, dengan cara tarik atau dorong, dan menghindari merusak sistem matrial pada tembok.Tentu saja dari segi kualitas dan juga harga kabel NYM lebih unggul dibanding jenis kabel NYA.
Kabel NYM
  • Jenis kabel NYY, kabel ini mempunyai isolasi khas warna hitam ganda, sehingga lebih kuat dari tekanan dan gesekan matrial lain. kabel NYY biasanya untuk instalasi luar atau jalur instalasi yang di tanam didalam tanah, seperti untuk instalasi lampu taman, lampu jalan dan lain sebagainya. Ukuran kabel NYY bervariasi kalau hanya untuk instalasi ringan seperti rumah atau kantor pada umumnya memakai ukuran1,5mm atau 2,5mm. Seperti halya kabel jenis NYM kabel NYY merupakan kabel yang berinti kawat tembaga lebih dari satu, yaitu 2 sampai 4 inti kawat kabel. secara umum dalam pemasangan instalasi tidak perlu memakai konduit keceali pada instalasi yang ditanam, yaitu dengan tujuan mempermudah penambahan dan penggantian kabel baru. Dari segi kwalitas dan harga jenis kabel NYY lebih mahal dibanding dengan kabel NYA dan NYM.
Kabel NYY

Dalam ilmu listrik, khususnya instalator harus memahami beberapa istilah dalam kelistrikan diantaranya;
  • Konduktor, penghantar, yaitu suatu benda yang berbentuk logam atau non logam yang bersifat menghantarkan, yaitu menhantarkan arus listrik dari satu titik ke titik yang lain yang pada umumnya adalah kabel. Namun selain kabel ada beberapa jenis benda yang mampu menghantarkan arus listrik diantaranya, benda jenis logam, air, tubuh manusia dan makluk hidup lainya.
  • Isolator, isolasi. Adalah jenis benda yang tidak dapat mnghantarkan arus listrik seperti, plastik, karet, jenis benda yang tidak mempunyai unsur logam, jenis benda yang tidak mengandung unsur air.
  • Kuat Hantar Arus, untuk mengintalasi listrik kabel mempunyai luas penampang yang berhubungan dengan kapasitas penghantar arus listrik. Besaran hantaran dinamakan kuat hantar arus ( KHA ). Semakin besar daya arus listrik dari PLN yang dipakai, maka instalasi listrik terutama kabel dan MCB harus disesuikan. Untuk itu sebelum menginstalasi listrik perlu dipahami dalam penggunaan kabel sesuikan antara kapasitas daya listrik PLN dan ukuran serta kwalitas kabel. Karena pada dasarnya besarnya kuat hantar arus kabel, harus lebih besar harus lebih besar dari kapasitas MCB, dengan tujuan bila kabel terjadi masalah dengan kuat arus listrik ( tegangan tinggi ) maka secara otomatis MCB akan memutus atau Trip.
Arus listrik yang melebihi KHA ( kuat hantar arus ) pada kabel akan menyebabkan kabel tersebut menjadi panas, dan bila melebihi daya tahan isolasi PVC akan mengakibatkan kerusakan pada kabel, terjadi kebocoran setrum dan bahkan dapat mengakibatkatkan terjadinya kebakaran.
Hal yang perlu diperhatikan dalam menginstalasi listrik adalah menentukan kuat hantar arus kabel jangka panjang. dalam arti mengenai kemungkinan meningkatkan daya listri PLN di masa mendatang.Tentu akan lebih efisien apabila dari awal dipersiapkan dengan cara menginstalasi listrik dengan ukuran kabel sedikit lebih besar, dengan tujuan apabila di masa mendatang akan meningkatkan daya listik dari PLN tidak perlu mengganti instalasi kabel, karena dari awal instalasi kabel yang dipergunakan sudah sesuai kuat hantar arus ( KHA ). Intinya menghindari pekerjaan dua kali.

Artikel dari www. bantenrenovasi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar