slide show



Jumat, 18 Mei 2012

Membangun Rumah Sehat










Tempat hunian idaman setiap orang adalah rumah salah satunya, akan tetapi rumah menurut arti dan fungsinya tidak hanya tempat untuk berlindung dari panas dan hujan, atau sekedar melepas lelah setelah beraktifitas. Pada artikel saya ini akan sedikit saya membahas mengenai rumah sehat yang akan membangun serta mensejahterakan anggota keluarga. Rumah sehat tidak harus berbentuk gedong dan mewah, rumah sederhanapun dapat diwujudkan menjadi katagori rumah sehat, dan rumah yang gedong dan mewah belum tentu juga termasuk ke dalam katagori rumah sehat, tergantung berbagai hal yang mutlak tarkandung di dalam bangunan rumah dan penghuni rumah tersebut. Sehat disini berarti layak huni baik mengenai fisik bangunan, biologi, kimia ( bahan material bangunan ) dan  penghuni rumah tersebut.
Ada beberapa hal pendukung dalam menciptakan rumah sehat diantaranya;
  1. penerangan yang cukup
  2. Kebetuhan akan air bersih yang terpenuhi
  3. Sirkulasi udara yang baik
  4. Pembuangan air kotor ( limbah ) yang benar, tidak menimbulkan pencemaran lingkungan
  5. Dari segi fisik ruangan ( dinding atu lantai ) tidak lembab, bebas dari pencemaran air kotor ( rembes, lembab ) , tidak ada sumber bau, tidak ada pencemaran udara
Dalam membangun rumah sehat tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya, sehingga bangunan yang anda persiapkan akan betul-betul terwujud menjadi rumah sehat idaman keluarga, diantaranya;
  1. Bahan bangunan untuk rumah sehat, yaitu terdiri dari bahan yang tidak berbahaya, artinya, material yang dipergunakan oleh bengunan tidak terbuat dari bahan yang dapat melepaskan zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan, antara  lain, debu total tidak melebihi dari 150 gr / m3,  Asbes bebas ( debu fiber ) tidak melebihi 0,5 fiber/m3/ 4 jam, material bangunan tidak terbuat dari bahan yang dapat untuk tempat tumbuh dan berkembanganya microorganisme patogen.
  2. Komponen dan penataan ruangan rumah sehat, rumah dengan katagori sehat harus memiliki kriteria sebagai berikut, antara lain, Lantai kedap air dan mudah untuk dibersihkan, dinding rumah sehat harus dilengkapi ventilasi udara yang cukup sesuai kebutuhan per ruangan tersebut, untuk dinding kamar mandi dan tempat yang berhubungan dengan air harus kedap air sehingga mudah dibersihkan, langit-langit rumah sehat atau palafon rumah sehat harus didesain supaya mudah dalam perawatan ( mudah dibersihkan ), bangunan rumah sehat apabial memiliki tinggi lebih dari 10 meter harus dilengkapi dengan penangkal petir, rumah sehat mempunyai ruangan yang masing – masing mempunyai fungsi tersendiri seperti kamar, ruang tamu, dapur, ruang makan dan lain sebagainya ( tidak campur aduk satu ruangan dengan ruang lainya ). Ruang dapur harus dilengkapi dengan sarana pembuangan asap agar tidak mengganggu terhadap ruangan lainya.
  3. Pencahayaan, pencahayaan untuk mewujudkan rumah sehat sangat penting sekali, baik pencahayaan secara alami atau buatan, yang secara langsung atau tidak langsung dapat menerangi seluruh ruangan minimal 60 lux dan tidak menyilaukan.
  4. Kualitas udara, udara untuk katagori rumah sehat tidak lebih dari pada  ketentuan sebagai berikut, Suhu udara nyaman berkisar antara 18*c sampai 32*c. Kelembaban udara berkisar antara 40% sampai 70%. konsentrasi akan gas SO2 tidak kurang dari 0,10 ppm / 24 jam. pertukaran udar ( sirkulasi ). Konsentrasi gas CO kurang dari 100 ppm / 8 jam. Konsentrasi gas formaldehide kurang dari 120 mg / m3
  5. Ventilasi, kebutuhan udara alami bagi rumah sehat ( udara permanen ) minimal 10% dari luas lantai bangunan rumah.
  6. Rumah dengan katagori sehat harus mempunyai tempat atau ruang makan makan yang khusus bersih, sehat dan higyenis.
  7. Air, rumah sehat harus mampu memenuhi kebutuhan akan air bersih minimal 60 liter / orang / hari ( anggota keluarga )
  8. Limbah, limbah cair yang berasal dari rumah dengan katagori sehat,  harus tidak mencemari sumber air bersih, tidak menimbulkan bau dan tidak boleh mencemari tanah.
  9. Ruangan, untuk katagori rumah sehat ruangan tidur atau kamar minimal mempunyai ukuran 8m2, dan maksimal pemakai kamar tersebut 2 ( dua ) orang.
  10. Rumah sehat bebas dari binatang yang menularkan penyakit, seperti tikus, kecoa, dan jenis binatang lain.
inti daripada bahasan diatas bahwa rumah bukan hanya sekedar tempat untuk berlindung dari panas, hujan dan pelepas lelah saja, akan tetapi rumah juga harus berfungsi
  1. mencegah terjadinya penyakit
  2. Mencegah terjadinya kecelakaan penghuninya
  3. Pencipta ras aman bagi penghuninya
  4. penurunan ketegangan jiwa dan sosial
Date: May 3rd, 2012 | Categories: Artikel | By: | 0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar