slide show



Minggu, 20 Mei 2012

Tips Instalasi Listrik Rumah Bertingkat





Pada artikel sebelumnya sudah sedikit banyak saya bahas tentang instalasi listrik, dan pada kali ini saya akan membahas mengenai instalasi listrik rumah tingkat ( berlantai ganda ). Karena berhubungan dengan beton, atau struktur bangunan yang baku. Karena menurut pengalaman saya, selama menangani perbaikan instalasi rumah tingkat banyak menemui kesulitan, hal tersebut disebabkan karena banyak percabangan kabel yang ditanam didalam beton. Jelas hal tersebut sangatlah memicu tingkat kesulitan saat perbaikan. Contoh
  • Jika pada instalasi terjadi kebocoran pada pipa, maka saat pengecoran berlangsung cairan beton akan masuk kedalamnya, dan mengakibatkan pipa ( konduit ) menjadi buntu atau tersumbat.
  • Jika titik percabangan juga ditanam didalam beton maka, saat perbaikan instalasi sangatlah merepotkan.
Dan di sisi lain yang sangat sering saya temui, yaitu instalasi listrik menggunakan kabel NYY, ditanam di dalam beton, namun sama sekali tidak memakai konduit. Memang kabel NYY merupakan jenis kabel tanam yang paling aman untuk instalasi rumah, namun bukan berarti dapat di tanam pada beton tanpa menggunakan konduit, hal tersebut sangatlah merepotkan apabila akan mengganti dan memperbaikinya.
Nah pada artikel saya kali ini ada beberapa tips untuk menginstalasi rumah tingkat ( beton ) yang mudah-mudahan bermanfaat.
  • Instalasi listrik akan lebih aman apabila dibagi menjadi 2 ( dua ) grup instalasi yang berbeda untuk setiap lantai
  • jalur pemabagian group instalasi dari kotak pengaman biasanya di lantai 1, menuju lantai ( ke 2, 3 dan seterusnya ) dapat diletakan disisi luar tembok rumah ataupun di dalam tembok rumah.Dengan  sistem pemasangan kabel jalur utama di taman pada tembok dengan pengaman konduit, dan jangan ada titik percabangan di jalur tanam. Dan usahakan kondisi kabel utama (  berada pada posisi longgar di dalam konduit ) tujuanya mempermudah saat perbaikan dan penggantian kabel tersebut.

Satu hal yang sangat penting dalam pemasangan instalasi tersebut yaitu, pastikan pipa yang akan ditanam dalam tembok harus bebas dari kebicoran, karna untuk menghindari cairan semen yang masuk dan akan mengakibatkan penyumbatan. Terutama pada sambungan pipa, akan lebih aman jika dilapisi isolasi.
D                                                                                
Demikian sedikit artikel saya semoga bermanfaat.



Date: April 16th, 2012 | Categories: Instalasi Listrik | By: | 0

Forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar